Dokter akan Ciptakan Hati Manusia

TEMPO.CO, Boston – Perkembangan ilmu dan teknologi semakin mengubah kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Dalam dunia kesehatan, pun telah beberapa kali berhasil ditemukan ilmu dan teknologi yang mampu mendukung pengobatan dan kesehatan manusia.

Dr. Harald Ott, ahli bedah dan peneliti di Boston Massachusetts General Hospital tengah meneliti tentang cara menciptakan hati manusia. Ia telah memperjuangkan teknik yang disebut deselularisasi seluruh organ, yang melibatkan pembuangan sel dari organ sehat yang didonorkan. Kemudian ditambahkan sel induk dari pasien yang membutuhkan transplantasi ke dalam kerangka alami.

Dokter tidak perlu kuatir diragukan dan ditolak pasien atas praktik temuan ini. Sebab, dokter diberikan garansi imunologi.

Awal Juli 2013, para peneliti asal Jepang mengumumkan telah membuat hati manusia yang terbuat dari sel induk. Organ lainnya yang paling dibutuhkan adalah ginjal. Tidak menutup kemungkinan jika selanjutnya para peneliti akan menciptakan ginjal.

Jika ginjal buatan berhasil diciptakan oleh peneliti, maka ini merupakan prestasi medis. Pasien pun tidak perlu lama menunggu jika rekayasa jaringan karya dokter Ott telah terealisasi.


Warning: file_get_contents(https://graph.facebook.com/comments/?ids=http://idikotim.org/dokter-akan-ciptakan-hati-manusia/): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 400 Bad Request in /home/idiko511/public_html/wp-content/plugins/facebook-like-and-comment/comments.php on line 17

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/idiko511/public_html/wp-content/plugins/facebook-like-and-comment/comments.php on line 19