Vaksinasi Dewasa 2013

Banyak orang dewasa yang salah mengira bahwa vaksinasi yang mereka dapatkan saat kecil dulu, akan memberikan proteksi terhadap penyakit untuk sepanjang hidupnya.  Hal ini memang benar untuk beberapa macam penyakit seperti polio.  Tapi banyak penyakit yang vaksinasinya harus diulang secara berkala untuk mempertahankan imunitas atau kekebalan tubuh terhadap penyakit tersebut.  Kemudian ada pula penyakit yang vaksinnya memang belum ada saat mereka kecil dulu.  Malahan ada vaksin yang memang diperuntukkan untuk orang dewasa, karena untuk penyakit tertentu memang justru memiliki resiko tinggi pada usia dewasa.

Di negara maju saja, seperti di Amerika Serikat (yang kesadaran masyarakatnya sudah tinggi) masih menghabiskan lebih dari sepuluh miliar dolar setiap tahun untuk mengatasi dan mengobati penyakit yang sebenarnya sudah ada vaksinnya. Dapat kita bayangkan bagaimana halnya dengan di Indonesia.

Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, pada tahun 2013 dengan juga didukung oleh persatuan dokter ahli alergi dan imunologi (PERLAMUNI), memberikan rekomendasi jadwal vaksinasi untuk dewasa seperti di bawah ini.

imunisasi dewasa

 

imunisasi dewasa2

error: Content is protected !!